Pages

Jumat, 17 Desember 2010

MAN 3 Malang


MAN 3 Malang menurut saya adalah sekolah dengan kualitas yang sangat bagus, terutama dalam segi pendidikan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas  pendidikan saat ini sudah semakin meningkat, tetapi seiring meningkatnya kualitas pendidikan saat ini, kita  tidak boleh terlena dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang masyarakat sebut dengan ilmu zaman modern, seperti ilmu tentang foefisika, matematika, dan lain sebagainya.                                                                                                                                                                                                                                                                            Tetapi yang saya maksud diatas yakni bahwa kita boleh saja mempelajari ilmu-ilmu modern, tetapi kita juga tidak boleh melupakan ilmu yang menjadi dasar dari segala ilmu yakni ilmu tentang akhlak, yaitu selain kita memperdalam ilmu modern, kita juga harus mengetahui, memahami, mengaplikasiakan ilmu-ilmu tentang keagamaan, karena, jika kita sebagai seorang pelajar hanya mempelajari tentang ilmu modern saja maka kita sendiri yang akan termakan oleh ilmu modern tersebut.
 Tapi anda jangan salah dalam memahami maksud saya yang tadi, bukan berarti  kita tidak boleh mempelajari ilmu-imu modern, danjuga bukan berarti ilmu tentang keagamaan adalah ilmu yang tidak modern. Dalam kenyataanya, ilmu seperti keagamaan atau ilmu tentang Al Qur’an, juga bisa disambungkan dengan ilmu fisika, contohnya adalah tentang isro’ mi’roj  yang dihubungkan dengan ilmu fisika tentang partikel cahaya. Pada waktu isro’ mi’roj, Rosul bisa menempuh perjalanan dari Masjidil Haram sampai ke Sidrotul Muntaha (langit ke tujuh) yang ditempuh dalam waktu semalam saja, hal itu merupakan hal yang mustahil untuk kita pahami, tetapi dengan adanya ilmu Fisika, maka ada penyambungannya walaupun hanya beberapa saja, mungkin penjelasannya seperti ini, dalam teori fisika kita mengenal tentang teori partikel cahaya yang mempunyai kecepatan 3 x 108 Km/s, hubungannya dengan Isro’ Mi’roj adalah (ini Cuma pendapat seseorang saja) nabi muhammad sewaktu isro’ Mi’roj dirubah materi tubuhnya menjadi partikel cahaya yang mempunyai kecepatan yang sangat cepat, sehingga bisa menempuh jarak yang sangat jauh dengan semalam saja. Hal itu menunjukkan bahwa hal yang tidak mungkin terpikirkan oleh kita kemungkinan bisa kita pahami.
 Oleh karena itu, kita tidak boleh meremehkan kedua jenis ilmu tersebut. Dalam kenyataanya, sekarang ini banyak siswa yang meremehkan ilmu tersebut, terutama dalam ilmu keagamaan (sebagian), termasuk didalamnya adalah sekolah kita tercinta MAN 3 Malang, bahwa siswa-siswi MAN 3 Malang, juga banyak melakukan hal itu, dan solusi terbaik yang saya miliki  adalah bahwa kita harus menyeimbangkan ilmu-ilmu yang kita pelajari, yaitu antara ilmu umum/modern dan ilmu keagamaan agar kita bisa hidup dengan keadaan ilmu yang setimbang.
 Semoga ilmu-ilmu yang telah kita pelajari, bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Amiiiinnnn……….

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "